Minggu, 15 November 2009

Kembayan akan Dibangun PMS

Pabrik Minyak Sawit (PMS) beberapa waktu kedepan akan dibangun di Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.Wacana pembangunan tersebut terungkap dalam rapat antara manajemen PTPN 13 dan Pemda Sanggau beberapa waktu lalu.Sejauh ini, Pemkab Sanggau menyambut baik didirikannya PMS tersebut. Karena itu, pihaknya berupaya membantu percepatan perijinan pabrik.

"Nantinya pabrik ini bakal mampu menyerap tenaga kerja tempatan," ungkap SD Hasugian, Manajer PTPN 13 Kebun Unit Kembayan, usai dilaksankan rapat di ruang Wakil Bupati, Paolus Hadi, beberapa waktu lalu.
Dikatakannya, rencananya pabrik ini mampu berproduksi 30 ton per jam. Kedepan, jika produksi meningkat maka kapasitas pabrik akan ditingkatkan hingga 60 ton per jam. "Tidak menutup kemungkinan kita akan tingkatkan 60 ton per jam hingga 80 ton per jam," tambahnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau, Paolus Hadi, menyambut baik pembangunan pabrik PMS di Kembayan tersebut.
"Kita mendukung pembangunan pabrik itu, hanya saja aturan main harus tetap diikuti, ini demi kepentingan bersama," tegasnya.
Wabup yakin, jika izin sudah dikantongi maka pihak perusahaan dengan mudah dan leluasa beroperasi termasuk pengendalian dampak lingkungan. "Jika semuanya sudah dikaji dan dilakukan sesuai prosudur akan mudah bagi mereka dalam berinvestasi," ujarnya.

Dikatakannya, dengan dibangun PMS ini diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lokal. Dengan demikian berdirinya PMS ini diharapkan membantu pihak pemerintah dalam menanggulangi dan meminimalisir angka pengangguran.
Sementara itu, Kepala Bidang Tehnik Pabrik, DKB II Parindu, C Ayan mengaku saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kelengkapan perizinan pabrik. Dalam waktu dekat ini segera rampung, kendati demikian proses pembangunan pabrik terus berjalan. "Pembangunan pabrik sudah berjalan dan inilah bukti keseriusan kita mendukung pemerintah dalam memprioritaskan pembangunan di kawasan perbatasan," terangnya.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SATU KUPU |Designed by faris vio |Converted to blogger by Blogger Themes